IBX592D1572C2D4F

Cara Membuat Website.Com Laundry Sendiri



Dalam dunia bisnis laundry saat ini, memiliki website adalah yang penting. Jika bisnis laundry Anda berbasis web, nama usaha tergantung pada nama domain yang Anda miliki. Jadi Anda akan mempunyai website NAMALAUNDRY.COM segera terwujud.
Caranya Anda segera daftarkan nama laundry Anda pada penyedia domain dan hosting. Sebelumnya cek dulu ketersedian nama laundry Anda
pada layanan penyedia domain dan hosting. Beritahu bahwa Anda hanya beli domain saja. Untuk TLD .com harganya berkisar 80-120 ribuan rupiah per tahun.

Langkah selanjutnya Anda membuat website dengan hosting gratisan semisal blogspot atau tumbler. Anda pilih blogspot biar mudah.  Setelah mendaftar maka menjadi http://namalaundry.blogspot.com Supaya nama usaha laundry kelihatan keren dan apik maka diganti domain berbayar berekstensi .com menjadi http://namalaundry.com Hal ini disebut cara custom domain blogspot.
Untuk membuat custom domain ini diperlukan setting dns, setting dns ini bisa melalui client area domain ataupun melalui pihak ketiga. Tanyakan pada penyedia domain dan hosting apakah bisa setting dns melalui client area atau tidak.
Buka blogger/blogspot, masuk ke setelan 

Pada penerbitan klik “Siapkan URL blog ke-3 untuk blog Anda”. Isi dengan domain Anda yg sudah terdaftar.

Isikan nama laundry Anda. Jangan lupa isikan www. atau subdomain lainnya.

Klik simpan, terdapat petunjuk setting DNS. Jangan tutup dulu browser Anda.

Anda bisa minta disettingkan oleh pihak penyedia domain dan hosting atau  setting DNS melalui pihak ketiga. Daftar ke freedns.afraid.org.

Lakukan konfirmasi email. Pilih Domain, isikan tanpa www. atau subdomain

Setelah berhasil terdapat notifikasi bahwa domain telah ditambahkan ke sistem.
Arahkan kursor ke subdomain. Terdapat enam subdomain yang belum dikonfigurasi.


Klik add dekat tulisan contact owner. Isikan ip 216.239.32.21 pada kolom Destination. Jangan lupa klik Save. Ulangi langkah ini dengan mengisi ip yang lain 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

Klik link [add] lagi dan Isikan data untuk CNAME dengan memilih Type: CNAME,Isikan subdomain pertama www,Destination: ghs.google.com dan klik Save!






Klik link [add] lagi dan Isikan data untuk CNAME dengan memilih Type: CNAME,Isikan subdomain pertama www,Destination: ghs.google.com dan klik Save!


Anda segera login ke client area untuk pengeditan nameserver. Isikan nameserver NS1.AFRAID.ORG sampai empat kali dengan merubah angka pada setiap kolomnya. Lakukan penyimpanan.


Selesai. Coba Anda ketik URL www.namalaundry.com Anda pada browser. Kadang menunggu waktu propagasi dari pihak google beberapa menit sampai dengan beberapa hari ke depan. Kalau okey coba ketik tanpa www, kalau ada pesan error atau halaman tidak ditemukan, lakukan pengeditan agar bila kita mengetik tanpa www akan dialihkan menjadi www.


Nah sekian dulu tutorial Cara membuat website.com sendiri untuk pelaku usaha laundry. Semoga bermanfaat!