IBX592D1572C2D4F

Mau Buka Usaha Laundry Cara Gampang Ini Tipsnya

Membuka usaha laundry sangatlah tepat. Kesibukan masyarakat bekerja dan ini membuat mereka tidak sempat dalam hal urusan cuci menyuci dan gosok menggosok. Hehehe..Ditambah tidak adanya pembantu atau asisten rumah tangga yang mereka miliki. Ini peluang, bro! Dan sangat menjanjikan tentunya. Tergantung kitanya mau nglakoni tidak. Hmmm seperti apa sih persiapan dan alat apa saja yang dibutuhkan dalam binis penatu ini?
Yang pertama harus dilakukan adalah cari tempat yang strategis. Lokasinya di pinggir jalan yang ramai lebih menguntungkan bagi kita karena pelanggan dengan mudahnya menemukan laundry kita. Tapi tidak ada salahnya jikalau laundry ada di dalam komplek atau perkampungan yang padat.
Usahakanlah laundry Anda mempunyai ciri pembeda dengan lainnya. Lihat pula persaingan harga. Usahakan harga Anda tidak jauh dibawah harga pasaran agar tidak terjadi persaingan harga dalam menjalankan usaha ini. Setelah memikirkan itu semua, segera beli peralatan yang mendukung seperti timbangan laundry, mesin cuci, mesin pengering, setrika listrik atau uap, nota laundry, keranjang laundry, plastik lakban dan lainnya.
Lalu cari tenaga kerja atau karyawan. Mungkin pekerjaan memcuci begitu mudah karena zaman sekarang teknologi begitu modern. Hanya memencat tombol beres sudah. Tapi bagi pekerjaan penyetrikaan masih dikerjakan oleh manusia. Agar Anda tidak lelah, perlu orang membantunya untuk bagian ini.
Promosi adalah hal yang terpenting dalam bisnis ini. Selain dari mulut ke mulut, Anda bisa pasang spanduk atau banner dan boleh juga brosur. Dan jangan lupa online-kan bisnis laundry Anda walaupun kecil.
Jangan lupa berdisiplin mengelola keuangan, pisahkan urusan pribadi dengan bisnis. Desain outlet laundry Anda biar keliatan menarik. Setelah berjalan laksanakan prosedur operasional secara standar (SOP).