IBX592D1572C2D4F

Penerapan Sistem Informasi Di Laundry Kiloan

Selamat malam semua! Sudah lama penulis jarang update di blog khusus laundry ini. Sekarang penulis akan membahas tentang penerapan sistem informasi di laundry kiloan maupun satuan. Jangan anggap sepele sebuah sistem informasi pada dunia usaha terutama laundry ini. Umumnya para pengusaha laundry menyusunnya secara manual dan tidak tersistem. Rasa malas untuk belajar yang lebih baik mengakibatkan kerugian kelak seperti yang pernah dialami penulis sebelumnya.

Apa sih sistem informasi itu? Dalam laman Wikipedia disebutkan bahwa sistem informasi adalah kombinasi dari informasi teknologi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Nah penulis kebetulan punya usaha penatu kiloan dan sudah menerapkan teknologi tersebut. Penulis menyebutnya nota online. Aktivitas ini menggantikan nota atau bon konvensional yang ditulis secara manual. Dikarenakan penulis malas merangkum laporan dan mencatat data pelanggan, nota online ini sangat membantu dalam menjalankan usaha laundry ini. Pernahkah pembaca khususnya pengusaha laundry tercecer data pelanggan? Data transaksi dimanipulasi oleh karyawan? Bingung bikin laporan tidak akan terjadi lagi. Uniknya dikarenakan sistem online maka transaksi bisa dilakukan di luar outlet yaitu secara mobile oleh sang kurir dan si bos hanya memantau di rumah saja tanpa perlu ikut repot.

Berikut ini adalah contoh hasil transaksi dan laporan.





Dengan penerapan sistem informasi di laundry kiloan dan dokumentasi yang baik akan menguntungkan pengusaha laundry. Peralatan yang diperlukan cukup sebuah komputer atau laptop yang telah terkoneksi internet, printer thermal yaitu seperti kertas struk parkir atau struk belanja di pasar modern dan sebuah program.

Anda bisa mendapatkan demo di http://www.penatu.com/demo Dapatkan user login dengan membubuhkan email pada komentar di bawah ini.