IBX592D1572C2D4F

5 Danau Terindah di Indonesia yang Mampu Membuat Jatuh Hati

Indonesia memang kaya, tak hanya punya pantai yang menganggumkan, gunung yang spektakuler namun ada juga danau terindah yang mampu membuat kita jatuh hati. Berikut danau-danau terindah di Indonesia yang dikutip dari situs yang menghadirkan penginapan murah di Jogja, Bandung, Bali, serta destinasi lainnya, Reservasi.com:

1.    Danau Batu Bacan
Danau Batu Bacan ini hampir mirip dengan Danau Biru Bukit Jaddih, yang membedakan keduanya adalah warna airnya saja. Danau Batu Bacan ini berwarna hijau. Warna hijau di danau ini konon kabarnya hadir karena bebatuan yang berwarna hijau yang terkena pantulan sinar matahari.

Bukan hanya warna danaunya saja yang unik, namun kabarnya Danau Batu Bacan ini tak memiliki air resapan yang keluar dari bebatuan di sekelilingnya.  Air yang berada di danau ini konon kabarnya berasal dari air hujan yang tertampung selama bertahun-tahun. Danau Batu Bacan ini juga dikenal dengan nama Danau Hijau. Danau yang terkenal berkat media sosial ini memang bukan tempat wisata melainkan lahan tambang zeolit.

Danau ini terletak di daerah Sukabumi tepatnya di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat.Jika dari Jakarta, Anda bisa melewati tol JORR, kemudian keluar di Ciawi. Dari Ciawi, lurus saja hingga sampai ke Cibadak. Setelah melewati Pasar Cibadak, belok kanan dan mengambil jalan ke arah Pelabuhan Ratu.Jalan lurus terus hingga menemukan Jembatan Desa Bojong. Ikuti jalan ini, hingga menemukan spanduk Danau Bacan atau Danau Hijau.

Masuk ke Danau Batu Bacan gratis, hanya diminta bayar parkir saja. Harap berhati-hati, karena lokasi ini sebenarnya adalah lokasi tambang zeolit dan bukan tempat wisata. Beberapa lokasi ada yang rawan longsor, jadi sebaiknya berhati-hati.

2.    Danau Laguna
Danau Laguna jadi salah satu tempat wisata di wilayah Indonesia bagian Timur yang menganggumkan. Danau yang terletak di kota Ternate, Maluku Utara terkenal berkat media sosial. Panorama danau yang cantik berbalut bentangan dinding tebing hijau yang mengitari danau, menjadikan tempat wisata ini kian istimewa dan jadi salah satu lokasi dengan pemandangan terbaik.

3.    Danau Biru Bukit Jaddih
Danau Biru Bukit Jaddih ini terbentuk karena bekas galian yang mengeluarkan sumber mata air. Warna biru pada danau ini hadir karena pantulan cahaya dan apitan tebing-tebing di sekitar danau.

Uniknya danau ini tak hanya karena warnanya, namun danau biru ini yang diperkirakan memiliki kedalaman 2 meter ini juga menghadirkan relief-relief bekas galian kapur yang membentuk garis-garis dan terowongan yang menyerupai gua.

Lokasinya sama dengan Bukit Kapur  Jaddih, karena masih dalam satu kawasan yang sama yaitu berada di Kecamatan Socah, Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur.

4.    Danau Seran
Danau Seran ini jadi salah satu tempat wisata baru yang berada di kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Adanya pulau yang ditumbuhi pepohonan liar yang terdapat di tengah jadi hal unik yang ada di sekitar danau ini.

Danau ini berlokasi di Perumahan Fitria Residence, tepatnya di Jalan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin. Letak Danau Seran ini tak terlalu jauh dari pusat kota Banjarbaru yaitu sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Walau terbilang strategis, untuk menuju danau ini tak ada transportasi umum jadi harus naik ojek atau membawa kendaraan pribadi.

Jalan untuk menuju danau terbilang mulus beraspal, sehingga membuat medan sangat mudah untuk dilalui mobil maupun motor.

5.    Danau Biru Sanghyang Heuleut
Konon kabarnya, jika diartikan per-kata, arti nama Sanghyang punya arti “tempat yang suci”, sedangkan “Heuleut” artinya “selang waktu antara dua kata”. Warga sekitar percaya jika tempat ini dahulunya sering dikunjungi oleh para bidadari jika ingin mandi. Para bidadari tersebut dipercaya turun dari Kayangan dengan menggunakan pelangi yang sangat indah yang ada di tempat ini.

Tak hanya dipercaya sebagai tempat para bidadari, namun Danau Biru Sanghyang Heuleut juga dipercaya sebagai tempat Dayang Sumbi, Ibu Sangkuriang mengambil air untuk minum, mandi dan mencuci pakaian. Lokasinya berada di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Nah, mau tau danau indah lainnya? Cek di Blog Reservasi.com saja ya. Di Reservasi.com Anda juga bisa booking hotel murah di Jogja, Bandung, Bali, serta destinasi lainnya.