IBX592D1572C2D4F

Keuntungan yang Anda Dapatkan Sebagai Anggota Asuransi BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah lembaga milik negara yang masuk kategori BUMN. Sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan) ini sangat memudahkan masyarakat baik itu yang menengah ke atas atau pun menengah kebawah. Pemerintah mewajibkan seluruh warga negara Indonesia untuk menjadi pesertanya. Selain warga negara Indonesia, pemerintah juga mewajibkan seluruh warga Negara asing yang telah bekerja dan tinggal lebih dari 6 bulan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan berdasarkan undang-undang no. 24 tahun 2011 tentang BPJS. 

Ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan, Anda tentu akan diwajibkan untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah ini akan sangat tergantung pada jenis layanan yang digunakan. BPJS Kesehatan hanya dapat menanggung paling banyak 5 (lima) anggota keluarga dan apa bila peserta yang memiliki anggota keluarga lebih dari 5 (lima) orang termasuk peserta, dapat mengikut sertakan anggota keluarga yang lain dengan membayar iuran tambahan.

Sebagaimana kewajiban bulanan lainnya, Anda juga akan membutuhkan kemudahan dalam melakukan pengecekan terhadap tagihan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Untuk memudahkanp embayaran BPJS Kesehatanini, BPJS memberikan fasilitas agar seluruh masyarakat Indonesia dapat terbantu oleh kehadiran internet sehingga kita bisa bayar BPJS online di Bukalapak.

Nah, berikut adalah beberapa keuntungan mengikuti asuransi kesehatan BPJS.
•    Hampir semua penyakit dapat ditanggung oleh asuransi BPJS kesehatan. Semua pelayanan kesehatan yang sifatnya pengobatan terhadap Peserta BPJS maka dapat ditanggung BPJS Kesehatan. Intinya jika itu masuk dalam indikasi medis yang sesuai dengan prosedur JKN. Sesuai dengan pedoman pelaksanaan JKN (Permenkes nomor 28 tahun 2014) semua ditanggung kecuali yang disebutkan secara eksplisit tidak masuk pertanggungan seperti estetika, infertilitas, alternatif, komplementer dll.

•    Asuransi BPJS kesehatan menjamin penyakit  yang dikecualikan oleh Asuransi  lain. BPJS kesehatan merupakan premi termurah yang justru siap menanggung penyakit yang dikecualikan banyak asuransi pada umumnya seperti kanker, penyakit hormonal, pengakit kongenital, hemodialisis dan penyakit jiwa dll

•    BPJS kesehatan menanggung tanpa melihat kondisi kesehatan sebelumnya. BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang menerapkan sistem gotong royong, yang sehat membantu yang lemah. Maka dari itu BPJS Kesehatan akan membantu peserta BPJS yang sakit tanpa melihat kondisi sebelumnya dan tanpa batasan penyakit. BPJS juga membantu peserta yang mengalami sakit seumur hidup seperti thalassemia, gagal ginjal kronis, kanker, penyakit jantung dll, yang tidak ada di asuransi lain.

•    Premi yang diwajibkan begitumurah. Premi BPJS Kesehatan sangatlah murah jika anda bandingkan dengan yang lainnya, murah bukan berarti murahan dengan keuntungan yang dapat diberikan BPJS Kesehatan kepada semua peserta. Adapun Iuran BPJS Kesehatan adalah untuk Kelas 1 Rp 80.000, Kelas 2. Rp51.000 dan Kelas 3 Rp 25.500 anda sudah bisa discover banyak penyakit, rawatinap ,pembedahan, obat , melahirkan dan lainnya, bahkan cuci darah pun dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

•    BPJS kesehatan menjamin seumur hidup. Hanya dengan iuran peserta atau premi yang tidak terlalu besar, masih dibilang ringan. Seluruh peserta BPJS kesehatan memiliki proteksi hingga seumur hidup.

Semua keuntungan tersebut menjadi Hak bagi setiap peserta asuransi BPJS kesehatan, tentunya semua dapat diberikan jika peserta memenuhi kewajibannya. Kewajiban perserta adalah Membayar Iuran Premi tepat Waktu dan Mengikuti aturan berobat yang telah di tetap BPJS Kesehatan, yaitu berobat ke Faskes 1 terlebih dahulu ketika sakit.